Gradiana, Yustina N. (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK X MIA SMA PGRI 6 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IKIP PGRI Bali.
|
Text
abstrak.pdf - Accepted Version Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
bab-1.pdf - Accepted Version Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
bab-2.pdf - Accepted Version Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
bab-3.pdf - Accepted Version Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
bab-5.pdf - Accepted Version Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Bibliography Download (29kB) | Preview |
|
Archive
etc.zip - Other Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SMA PGRI 6 Denpasar yang berkolaborasi dengan guru mata pelajaran biologi bertujuan untuk mengtahui sejauh mana penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi peserta didik kelas X MIA SMA PGRI 6 Denpasar tahun pelajran 2016/2017 Untuk mencapai tujuan tersebut, ditetapkan model pembelajaran quantum teaching terhadap peserta didik kelas X MIAsemester genap SMA PGRI 6 Denpasar tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 37 orang. Objek penelitian adalah aktitas dan hasil belajar peserta didik. Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data aktivitas belajar peserta didik dikumpulkan dengan menggunakanpedoman observasi aktivitas belajar peserta didik. Data hasil belajar peserta didik dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran quantum teaching terjadi peningkatan aktivitas dan hasil didik yaitu :(1) pada siklus I aktivitas belajar peserta didik cukup aktif dengan skor sebesar 9,10. Hasil belajar peserta didik yaitu rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sebesar 69,77, daya serap sebesar 69,77% dan ketuntasan klasikal sebesar 45,94%.(2) pada siklus II aktivitas belajar peserta didik aktif dengan skor sebesar 87,38,daya serap sebesar 87,38% dan ketuntasan klasikal sebesar 86,48% Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi peserta didik kelas X MIA SMA PGRI 6 Denpasar tahun pelajran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | NIM: 2013.V.2.0056 |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, quantum teaching, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rees Jati Prakasa |
Date Deposited: | 07 Oct 2017 01:35 |
Last Modified: | 07 Oct 2017 01:35 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/11 |
Actions (login required)
View Item |