Aprilyani, Ni Putu Nita (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 3 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IKIP PGRI Bali.
|
Text
BAB I.pdf - Accepted Version Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf - Accepted Version Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf - Accepted Version Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf - Accepted Version Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Download (130kB) | Preview |
|
Archive
etc.zip - Other Restricted to Repository staff only Download (129MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen. Berdasarkan masalah, penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut (1) Apakah penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Mengwi tahun pelajaran 2016/2017? Dan (2) Apakah penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan respon siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Mengwi tahun pelajaran 2016/2017 dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan respon siswa kelas VII E terhadap penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII E SMP Negeri 3 Mengwi, jalan Sengguan Buduk, Mengwi. Penelitian ini dilakukan pada semester II (genap) tahun pelajaran 2016/2017, kelas VII E yang berjumlah 34 orang siswa, yang terdiri dari 18 orang perempuan dan 16 orang laki – laki. Objek yang dikaji dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen dan respon siswa. Hal ini terbukti dari nilai rata – rata siswa dari refleksi awal skor sebesar 2143 dengan nilai rata – rata 63 pada siklus I skor sebesar 2438 dengan nilai rata – rata 71,7 dan pada siklus II skor sebesar 2727 dengan nilai rata – rata 80,2. Jadi, penulis menyarankan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat diterapkan dalam kegiatan menganalisis unsur intrinsik cerpen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | NIM: 2013.II.1.0058 |
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share (TPS), menganalisis, unsur intrinsik, cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Rees Jati Prakasa |
Date Deposited: | 05 Oct 2017 23:36 |
Last Modified: | 05 Oct 2017 23:36 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/6 |
Actions (login required)
View Item |