Swambawa, I Gede (2017) PERENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA WACANA BERAKSARA BALI OLEH SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 3 TEGALLALANG KECAMATAN TEGALLALANG KABUPATEN GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IKIP PGRI Bali.
|
Text
BAB I.pdf - Accepted Version Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf - Accepted Version Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf - Accepted Version Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf - Accepted Version Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Download (20kB) | Preview |
|
Archive
etc.zip - Other Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan membaca wacana beraksara Bali siswa terbukti dari hasil observasi awal 83,33% siswa memperoleh nilai di bawah KKM, hal ini disebabkan karena cara mengajar guru yang monoton dan kurangnya variasi metode pada saat proses belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini akan mengangkat dua permasalan yaitu: Apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan siswa Kelas VIII C SMP Negeri 3 Tegallalang dalam membaca wacana beraksara Bali? Bagaimanakah respon siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Tegallalang terhadap penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca wacana beraksara Bali? Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) pengertian membaca, (2) tujuan membaca, (3) jenis-jenis membaca, (4) aksara Bali, (5) pengertian metode pengajaran, (6) pengertian metode drill, (7) langkah-langkah metode drill, (8) kelebihan dan kelemahan metode drill, dan (9) wacana. Di dalam memperoleh data atau pengumpulan data peneliti menggunakan metode tes (tes tindakan) dan metode observasi. Metode pengolahan data yang digunakan adalah metode statistik deskriptif. Berdasarkan hasil pengolahan data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca wacana beraksara Bali siswa Kelas VIII C SMP Negeri 3 Tegallalang Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar refleksi awal siswa memperoleh nilai rata-rata 55,6 dengan kategori kurang, dan setelah diterapkan metode drill rata-rata yang diperoleh pada siklus I skor siswa meningkat 72,53 dengan kategori cukup, pada siklus II skor rata-rata siswa meningkat menjadi 78,4 dengan kategori baik. Sedangkan dari hasil observasi dan pengamatan aktivitas respon siswa pada siklus I rata-rata 68,66 dengan kategori cukup menjadi 80,33 pada siklus II dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | NIM: 2013.II.2.0012 |
Uncontrolled Keywords: | metode drill, kemampuan membaca wacana beraksara Bali |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Rees Jati Prakasa |
Date Deposited: | 05 Oct 2017 18:30 |
Last Modified: | 05 Oct 2017 18:30 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/5 |
Actions (login required)
View Item |