PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 SUKAWATI KABUPATEN GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Wahyuni, Ni Luh Putu Ayuk (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 SUKAWATI KABUPATEN GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, IKIP PGRI Bali.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf - Accepted Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (128kB) | Preview
[img] Archive
etc.zip - Other
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajran yang masih terlihat monoton yaitu ceramah pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sukawati Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan kenyataan tersebut, penelitian ini menggunakkan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Masalah penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut (1) Apakah penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sukawati Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah respon siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Sukawati Kaupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam Keterampilan Menulis Cerpen dengan Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture? Untuk memecahkan masalah di atas, penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Berdasarkan hasil penggolongan data, dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sukawati Kabupaten Gianyar Tahun pelajaran 2015/2016 dan respon siswa meningkat. Peningkatan hasil penelitian terbukti dari perbandingan nilai, prasiklus, siklus I dan siklus II. Hasil tes rata-rata siklus I adalah 74 dan hasil nilai tes rata-rata padasiklus II adalah 85. Selain itu, dari 40 jumlah siswa terdapat 25 orang atau 62,5% siswa yang tuntas atau berhasil (nilai 75 keatas) dan 15 orang atau 37,5% siswa yang belum tuntas. Ini berarti terjadi peningkatan sebesar 27,5% dari 62,5% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Hasil observasi respon siswa rata-rata siklus I adalah 77 dan hasil observasi respon siswa siklus II adalah 97. Selain itu, dari 40 orang siswa terdapat 33 orang atau 82,5%. Siswa merespon aktif dan 7 orang atau 17,75% siswa merespon cukup aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM: 2012.II.1.0010
Uncontrolled Keywords: Picture and picture, menulis cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 05 Oct 2017 18:16
Last Modified: 05 Oct 2017 18:16
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/4

Actions (login required)

View Item View Item