Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap Hasil belajar matematika ditinjau dari Minat Belajar

sunita, Ni Wayan (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap Hasil belajar matematika ditinjau dari Minat Belajar. Emasains, 6 (2). pp. 169-179. ISSN 2302-2124

[img]
Preview
Text
SEPTEMBER 2017.pdf

Download (371kB) | Preview
Official URL: https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/arti...

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari minat belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2 × 2 yang dilaksanakan di jurusan pendidikan Matematika dengan melibatkan sampel sebanyak 48 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner minat belajar dan tes hasil belajar matematika. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji Anava dua jalur. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat perbedaan antara hasil belajar Matematika mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Dari uji hipotesis juga didapat Fhit sebesar 78,454 dengan sig .000 lebih kecil dari 0,05 sehingga H1 diterima H0 ditolak 2) Terdapat perbedaan antara hasil belajar Matematika mahasiswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan mahasiswa yang memiliki minat belajar rendah. Dari uji hipotesis juga didapat Fhit sebesar 220,443 dengan sig .000 lebih kecil dari 0.05sehingga H1 diterima dan H0 ditolak .3) Terdapat interaksi antara mo del pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar Matematika dan didapat Fhit sebesar 50,030 dengan sig .000 lebih kecil dari 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 tolak.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ni Wayan Sunita
Date Deposited: 11 Mar 2022 22:03
Last Modified: 11 Mar 2022 22:03
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/2126

Actions (login required)

View Item View Item