Peer Review "ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DITENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP SANTO YOSEPH DENPASAR"

Eka Indrawan, I Putu Peer Review "ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DITENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP SANTO YOSEPH DENPASAR". FPMIPA IKIP PGRI BALI.

This is the latest version of this item.

[img] Text
ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DITENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP SANTO YOSEPH DENPASAR.pdf

Download (164kB)
Official URL: https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/emasains/...

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum dan menyeluruh pelaksanaan pembelajaran daring ditengah pandemi Covid-19 dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar. Pupulasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar yang terdiri dari 5 kelas dengan total 174 siswa. Dengan teknik sampling purposive diperoleh 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIII C (36 siswa) dan VIII E (34 siswa). Metode dan intrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara, sedangkan analisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Siswa kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar sangat siap dalam melaksanakan pembelajaran daring dan guru mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar siap untuk menerapkan pembelajaran daring. 2) Kendala siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring adalah faktor sumber daya manusia, sarana dan prasarana, keterampilan dalam pembelajaran daring dan susah mengatur waktu, sedangkan kendala guru dalam menerapkan pembelajaran daring adalah faktor sumber daya manusia, sarana dan prasarana, keterampilan mengajar, manajemen waktu serta proses penilaian khususnya penilaian terhadap sikap dan perlikau siswa. 3) Guru dan pihak sekolah khususnya Kepala Sekolah memiliki peranan penting dalam mengatasi masalah dan kendala dalam proses pembelajaran daring. Kata Kunci :Pembelajaran Daring, Kesiapan, Kendala, dan Solusi

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: I Putu Eka Indrawan
Date Deposited: 14 Sep 2021 11:43
Last Modified: 14 Sep 2021 11:43
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1525

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item