Peer Review "PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK"

Eka Indrawan, I Putu (2021) Peer Review "PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK". IPM2KPE.

This is the latest version of this item.

[img] Text
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES.pdf

Download (167kB)
Official URL: https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JUDIKA/art...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Teams-Games Tournament (TGT) terhadap disposisi matematis dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Abiansemal tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penilitian ini tergolong Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Non Equivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Abiansemal sebanyak 12 kelas dengan jumlah 357 peserta didik. Dua kelas sebagai sampel dengan teknik simple random sampling, yaitu kelas VIII G dengan 30 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII H dengan 30 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa skor disposisi matematis (menggunakan angket) dan hasil belajar matematika (menggunakan tes essay). Analisis menggunakan MANOVA dengan bantuan SPSS 23.0 for Windows. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh: 1) terdapat perbedaan disposisi matematis antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Teams-Games Tournament (TGT) dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional; 2) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Teams�Games Tournament (TGT) dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional; 3) terdapat perbedaan secara simultan disposisi matematis dan hasil belajar matematika antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Teams-Games Tournament (TGT) dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional kelas VIII SMP Negeri 3 Abiansemal tahun pelajaran 2020/2021. Simpulan, Hasil uji hipotesis mengindikasikan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Teams�Games Tournament (TGT) terhadap disposisi matematis dan hasil belajar matematika peserta didik didik kelas VIII SMP Negeri 3 Abiansemal. Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams-Games Tournament (TGT), Disposisi Matematis, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: I Putu Eka Indrawan
Date Deposited: 14 Sep 2021 11:42
Last Modified: 14 Sep 2021 11:42
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1517

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item