i putu, eka indrawan
(2021)
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES
TOURNAMENT (TGT) TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS DAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK.
IPM2KPE.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran Teams-Games Tournament (TGT) terhadap disposisi matematis dan
hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Abiansemal tahun
pelajaran 2020/2021. Jenis penilitian ini tergolong Quasi Eksperiment dengan
desain penelitian Non Equivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi
pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3
Abiansemal sebanyak 12 kelas dengan jumlah 357 peserta didik. Dua kelas
sebagai sampel dengan teknik simple random sampling, yaitu kelas VIII G dengan
30 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII H dengan 30
peserta didik sebagai kelompok kontrol. Data yang diperoleh adalah data
kuantitatif berupa skor disposisi matematis (menggunakan angket) dan hasil
belajar matematika (menggunakan tes essay). Analisis menggunakan MANOVA
dengan bantuan SPSS 23.0 for Windows. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh: 1)
terdapat perbedaan disposisi matematis antara peserta didik yang mengikuti model
pembelajaran Teams-Games Tournament (TGT) dengan peserta didik yang
mengikuti model pembelajaran konvensional; 2) terdapat perbedaan hasil belajar
matematika antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Teams�Games Tournament (TGT) dengan peserta didik yang mengikuti model
pembelajaran konvensional; 3) terdapat perbedaan secara simultan disposisi
matematis dan hasil belajar matematika antara peserta didik yang mengikuti
model pembelajaran Teams-Games Tournament (TGT) dengan peserta didik yang
mengikuti model pembelajaran konvensional kelas VIII SMP Negeri 3
Abiansemal tahun pelajaran 2020/2021. Simpulan, Hasil uji hipotesis
mengindikasikan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Teams�Games Tournament (TGT) terhadap disposisi matematis dan hasil belajar
matematika peserta didik didik kelas VIII SMP Negeri 3 Abiansemal.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams-Games Tournament (TGT), Disposisi
Matematis, Hasil Belajar Matematika
Available Versions of this Item
-
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES
TOURNAMENT (TGT) TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS DAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. (deposited 19 Dec 2021 13:07)
[Currently Displayed]
Actions (login required)
|
View Item |