i putu, eka indrawan
(2020)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING
TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK
SMK PGRI 3 BADUNG.
FPMIPA IKIP PGRI BALI.
Preview |
|
Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMK PGRI 3 BADUNG.pdf
Download (170kB)
| Preview
|
Abstract
Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Probing
Prompting terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika peserta didik
SMK PGRI 3 Badung dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan
desain Non Equivalent Posttest Only Control Group Design; melibatkan sampel sebanyak
84 peserta didik yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Variabel bebas
dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang dipilah menjadi dua tingkatan
faktor, yaitu model Probing Prompting yang dikenakan pada kelompok eksperimen dan
model pembelajaran konvensional yang dikenakan pada kelompok kontrol. Sebagai
variabel terikat dalam penelitian ini berupa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar
matematika peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis dan
hasil belajar matematika yang digunakan dalam pengumpulan data. Analisis data
menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh
model pembelajaran Probing Prompting terhadap kemampuan berpikir kritis peserta
didik, 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil
belajar matematika peserta didik, 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Probing
Prompting secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar
matematika peserta didik. Simpulan yang diperoleh dari penelitan ini adalah bahwa model
Probing Prompting dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar
matematika peserta didik.
Kata Kunci: Model Probing Prompting, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil
Belajar Matematika
Available Versions of this Item
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING
TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK
SMK PGRI 3 BADUNG. (deposited 19 Dec 2021 13:06)
[Currently Displayed]
Actions (login required)
|
View Item |