Sukendra, I Komang (2014) KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPASIAL, DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA PGRI 1 DENPASAR. Working Paper. IKIP PGRI Bali, Denpasar, Indonesia. (Unpublished)
|
Text
artikel2014.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Tujuan mempelajari matematika adalah melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpilan, mengembangan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi, mengembangkan kemampuan memecahkan masalah, dan mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat korelasi secara simultan antara kecerdasan emosional, kecerdasan spasial, dan kreativitas dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015?. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Hubungan yang diteliti dalam penelitian ini adalah korelasi kecerdasan emosional (X1), kecerdasan spasial (X2), kreativitas (X3), dan hasil belajar matematika (Y). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Denpasar sebanyak 106 peserta didik. Sampel diperoleh dengan cara Random Sampling yaitu kelas X1, X2, dan X3. Teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis statistik parametrik. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Analisis data akan menggunakan bantuan program SPSS 21.0 for windows. Data yang diperoleh dari penelitian tentang hasil belajar dengan rentang skor sebesar 26, skor terendah adalah 68; dan skor tertinggi adalah 94; mean (M) sebesar 81,31; median (Me) sebesar 61; modus (Mo) sebesar 63; simpangan baku (S) sebesar 6,28; dan varians (S2 ) sebesar 39,45. Persamaan garis regresi korelasi kecerdasan emosional, kecerdasan spasial dan kreativitas dengan hasil belajar matematika peserta didik dapat dinyatakan dengan 1 2 319 3 Y 37,683 0,242 0,262 0, ˆ X X X . Persamaan regresi Y atas X1, X2, X3 tersebut menunjukkan bahwa kenaikan 1 poin X1 akan mengakibatkan kenaikan Y sebesar 0,242, kenaikan 1 poin X2 akan mengakibatkan kenaikan Y sebesar 0,262, kenaikan 1 poin X3 akan mengakibatkan kenaikan Y sebesar 0,319. Dari data perhitungan di atas menunjukkan bahwa harga Ry(1,2,3) sebesar 0,627 yang lebih besar dari rtabel (0,229), maka diinterpretasikan bahwa hipotesis menolak H0 dan menerima Ha. Menurut interpretasi koefisien nilai r, Ry(1,2,3) sebesar 0,627 berada pada interval 0,60 – 0,799, Koefisien determinasi R2 y sebesar 0,366. Dapat dinyatakan bahwa terdapat korelasi yang kuat antara kecerdasan emosional, kecerdasan spasial dan kretivitas dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Denpasar tahun pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Monograph (Working Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, kecerdasan spasial, kreativitas, dan hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | Rees Jati Prakasa |
Date Deposited: | 28 Mar 2018 01:02 |
Last Modified: | 03 May 2018 04:10 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/12 |
Actions (login required)
View Item |