Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XII TKJ A SMKN 3 Tabanan melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan teknik diskusi kelompok

Budiarsa, I Gede (2020) Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XII TKJ A SMKN 3 Tabanan melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan teknik diskusi kelompok. Indonesian Journal of Educational Development, 1 (1). pp. 82-92. ISSN 2722-1059

[img]
Preview
Text
9. I Gede Budiarsa_Prod 82-92.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (107kB) | Preview
Official URL: https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/ijed/arti...

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Tabanan di Kelas XII TKJ A semester genap tahun pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran matematika pokok bahasan turunan fungsi. Dari hasil penelitian pendahuluan didapatkan data bahwa prestasi belajar matematika kelas XII TKJ SMK Negeri Tabanan masih rendah. Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan teknik diskusi.Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari meningkatnya rata-rata hasil belajar matematika pada penelitian pendahuluan 38,76 dan pada siklus I rata-ratanya naik menjadi 47,35, ini berarti terjadi kenaikan sebesar 8,59 (22,162 %) dan pada siklus II rata-ratanya menjadi 84,71, berarti terjadi kenaikan sebesar 37,36 (96,388%). Selain peningkatan prestasi belajar yang dapat dilihat dari tes hasil belajar ternyata peningkatan prestasi belajar juga dapat dilihat dari hasil diskusi kelompok yang mereka lakukan baik di siklus I maupun di siklus II. Dalam diskusi itu mereka telah berusaha menyelesaikan masalah-masalah yang diberikan guru pada setiap siklus. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan teknik Diskusi Kelompok Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Turunan Fungsi Siswa Kelas XII TKJ A SMK Negeri 3 Tabanan Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: problem based learning model, discussion techniques, learning achievement
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: LPA - Lembaga Pengembangan Akademik
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 07 Jun 2020 20:57
Last Modified: 07 Jun 2020 20:57
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item