PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TERBUKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DENGAN MENGONTROL BAKAT NUMERIK SISWA

Sukendra, I Komang and Fridayanthi, Putu Dessy (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TERBUKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DENGAN MENGONTROL BAKAT NUMERIK SISWA. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bali, Denpasar, Indonesia.

[img]
Preview
Text
15. Pengaruh Model Pem. Semnas Mipa 2019.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
Official URL: https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/senama/ar...

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pemecahan masalah matematika terbuka terhadap pemahaman konsep matematika dengan mengontrol bakat numerik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 7 Denpasar dengan metode eksperimen semu dengan desain The Non Equivalen Posttest Only Control Group Design, melibatkan sampel sebanyak 72 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran yang dipilah menjadi dua tingkatan faktor, yaitu model pembelajaran pemecahan masalah matematika terbuka yang dikenakan pada kelompok eksperimen dan model pembelajaran konvensional yang dikenakan pada kelompok kontrol. Sebagai variabel terikat dalam penelitian ini berupa pemahaman konsep matematika. Bakat numerik sebagai variabel kontrol (kovariabel). Instrumen penelitian berupa tes, yaitu tes pemahaman konsep matematika dan tes bakat numerik. Analisis data menggunakan t-test dan Anakova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pemahaman konsep matematika antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran pemecahan masalah matematika terbuka dengan yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) terdapat pengaruh pemahaman konsep matematika antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran pemecahan masalah matematika terbuka dengan yang mengikuti model pembelajaran konvensional setelah diadakan pengendalian bakat numerik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, masalah matematika terbuka, bakat numerik, pemahaman konsep
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: I Komang Sukendra
Date Deposited: 18 May 2020 17:38
Last Modified: 18 May 2020 17:38
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item View Item