Sukendra, I Komang (2018) Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Emasains, 7 (1). pp. 91-98. ISSN 2302-2124
|
Text
9.2 Artikel 2018 Sukendra.pdf - Published Version Download (267kB) | Preview |
Abstract
Rasa cemas yang berlebihan dan ketakutan saat menghadapi persoalan akan mempengaruhi hasil belajar, saat belajar matematika seharusnya dengan perasaan senang agar termotivasi untuk mendapatkan hasil belajar matematika yang tinggi. Berpikir logis matematika merupakan kemampuan untuk mencetuskan banyak jawaban, mengembangkan suatu jawaban untuk menangkap dan menghasilkan masalah sebagai tanggapan terhadap suatu situasi, serta mengemukakan pendapat dirinya sendiri sebagai tanggapan terhadap suatu situasi yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dan kemampuan berpikir logis matematika terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah korelasional atau Ex-postfacto. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA PGRI 4 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018, dan sampel kelas X IPA 1 dan X IPA 3 yang jumlahnya 72 peserta didik. Data dianalisis menggunakan analisis regresi ganda dan korelasi ganda. diperoleh hasil penelitian bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan dan kemampuan berpikir logis matematika terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan, Tingkat Kecemasan, Kemampuan Berpikir Logis, Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | I Komang Sukendra |
Date Deposited: | 18 May 2020 17:31 |
Last Modified: | 18 May 2020 17:31 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1089 |
Actions (login required)
View Item |