Agustina, I Kadek (2015) KREATIVITAS MENGGAMBAR MOTIF MISTAR DENGAN PENSIL WARNA OLEH SISWA KELAS XII JURUSAN IPA SMA NEGERI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, IKIP PGRI Bali.
|
Text
abstrak.pdf - Accepted Version Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
bab-1.pdf - Accepted Version Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
bab-2.pdf - Accepted Version Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
bab-3.pdf - Accepted Version Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
bab-5.pdf - Accepted Version Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Bibliography Download (143kB) | Preview |
|
Archive
etc.zip - Other Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Pelajaran menggambar teknik untuk jurusan IPA di Sekolah Menengah Atas bertujuan memberikan bekal atau persiapan kepada anak didik atau para siswa untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi (Fakultas Teknik atau Arsitektur). Gambar mistar merupakan basis untuk gambar–gambar teknik yang mementingkan kecermatan ukuran, ketepatan konstruksi dan kerapian penyelesaian tanpa melupakan segi estetika atau keindahan. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui kreativitas menggambar motif mistar dengan pensil warna oleh siswa kelas XII jurusan IPA SMA Negeri 4 Denpasar tahun pelajaran 2013/2014. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan maanfaat bagi pihak yang berwenang, terutama bagi guru dapat dijadikan sebagai umpan balik atau untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam menggambar teknik khususnya gambar mistar untuk membuat motif-motif yang lebih kreatif dan menarik. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Jurusan IPA SMA Negeri 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlah populasi sebanyak 269 siswa. Dari jumlah populasi tersebut diambil sampel menggunakan rumus Cochran, sehingga siswa yang dijadikan sampel sebanyak 79 siswa. Siswa yang dijadikan sampel diambil secara proporsional sampling pada masing-masing kelas serta pengambilan sampel menggunakan random sampling, peneliti mencampur subjeksubjek didalam populasi sehingga semua subjek dianggap sama kemudian memilihnya secara acak. Data dikumpulkan dengan melakukan tes tindakan pada sampel kemudian data yang sudah terkumpul diolah dengan cara mengkonversikan nilainya dengan skala seratus dan mencari nilai rata-rata kreativitas siswa. Berdasarkan hasil tes tindakan yang dilakukan didapat hasil siswa yang mendapat nilai tertinggi sebanyak 9 orang dengan nilai 95, nilai 90 sebanyak 16 orang, nilai 85 sebanyak 38 orang, dan nilai 80 sebanyak 15 orang. Dengan kriteria predikat sangat kreatif sebanyak 25 siswa dengan presentase 32,05% dan siswa yang mendapat predikat kreatif sebanyak 53 siswa dengan presentase 67,25%. Jadi nilai rata-rata siswa adalah 86,21 dengan kriteria sangat kreatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | NIM: 2010.II.3.0002 |
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, menggambar motif mistar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Rees Jati Prakasa |
Date Deposited: | 07 Oct 2017 00:47 |
Last Modified: | 07 Oct 2017 00:47 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/10 |
Actions (login required)
View Item |