MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA

Suryani, Ni Wayan (2019) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232

[img] Text
NI WAYAN SURYANI.pdf

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Selemadeg Barat, Tabanan, khususnya pada kelas VIII C Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar bahasa Indonesia. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 71,26, pada siklus I menjadi 78,26 dan pada siklus II menjadi 83,2. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII C Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 1 Selemadeg Barat, Tabanan. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw , Prestasi belajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 20 Apr 2020 01:36
Last Modified: 20 Apr 2020 01:36
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item View Item