PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEMESTER ISD NEGERI 5 KESIMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Suri, Ni Wayan (2019) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEMESTER ISD NEGERI 5 KESIMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Widyadari, 21 (26). pp. 1-9. ISSN 1907-3232

[img] Text
NI WAYAN SURI.pdf

Download (108kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di SDN 5 Kesiman Timur Denpasar. Di kelas 4, kemampuan siswa untuk memahami materi pelajaran sains masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas 4 siswa pada semester pertama tahun akademik 2016/2017. Metode pengumpulan data adalah tes prestasi belajar, metode analisis data adalah deskripsi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 4 semester 1 tahun akademik 2016/2017 SD Negeri 5 Kesiman. Dari hasil awalnya diperoleh 55,75 pada siklus 1 adalah 59,50 dan pada siklus 2 adalah 73,00. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa metode diskusi kelompok SMLL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada siswa kelas 4 semester 1 tahun akademik 2016/2017 SD Negeri 5 Kesiman Kata kunci: Metode diskusi kelompok kecil, Prestasi belajar siswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 20 Apr 2020 01:34
Last Modified: 20 Apr 2020 01:34
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item View Item