MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 B SEMESTER I DI SD NEGERI 6 PADANGSAMBIAN DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sumastri, Ni Wayan (2019) MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 B SEMESTER I DI SD NEGERI 6 PADANGSAMBIAN DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-11. ISSN 1907-3232

[img] Text
NI WAYAN SUMASTRI.pdf

Download (210kB)

Abstract

Peran mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah untuk mengenal dan memperlajari interaksi sosial, pengembangan intelektual, dan emosional siswa serta berperan mengembangkan pengetahuan sosial yang kuat, yang baik sebagai kunci penentu menuju keberhasilan dalam mempelajari suatu bidang tertentu. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 6 Padangsambian, Denpasar Kelas I B Semester I yang kemampuan siswanya untuk tingkat prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SD Negeri 6 Padangsambian, Denpasar di Kelas I B Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kunatum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I B semester I yang dibuktikan dari hasil yang sebelumnya diperoleh dengan rata-rata kelas 70,4 dan prosentase ketuntasan belajar adalah 45%, pada siklus I meningkat menjadi 72,7 dengan prosentase sebesar 75% dan pada siklus II meningkat kembali dengan rata-rata kelas 83 dengan prosentase sebesar 100%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan Model Pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I B semester I SD Negeri 6 Padangsambian, Denpasar. Kata kunci: Model Pembelajaran Kuantum, Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 20 Apr 2020 01:32
Last Modified: 20 Apr 2020 01:32
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item