Sri Ratmini, Ni Wayan (2019) MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII C SEMESTER I DI SMP NEGERI 3 SELEMADEG TIMUR, TABANAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232
Text
NI WAYAN SRI RATMINI.pdf Download (212kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur di Kelas VII C yang kemampuan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswanya cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII C Semester I tahun pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 3 Selemadeg Timur. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pemanfaatan model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh dari data awal 69,70, pada Siklus I meningkat menjadi 70,13. Dari Siklus I ke Siklus II naik menjadi 81,61 dengan ketuntasan belajar awal 52% pada siklus I meningkat menjadi 78% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII C Semester I tahun pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur. Kata kunci: model pembelajaran kuantum, prestasi belajar Bahasa Indonesia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 01:30 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 01:30 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/951 |
Actions (login required)
View Item |