MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MEWARNAI GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B SEMESTER I TK ASTHA YOGA TAMANBALI

Mudarsi, Ni Sayu (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MEWARNAI GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B SEMESTER I TK ASTHA YOGA TAMANBALI. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232

[img] Text
NI SAYU MUDARSI.pdf

Download (183kB)

Abstract

Observasi awal yang dilakukan terhadap anak kelompok B menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan kurang berhasil. Rendahnya penguasaan anak dalam pembelajaran dikarenakan kurang tepatnya metode pembelajaran dan media yang digunakannya. Sehingga anak menjadi tidak aktif, mudah bosan, dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mewarnai gambar diperlukan metode pembelajaran dengan media yang tepat. Salah satunya adalah metode pemberian tugas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mewarnai gambar. Lokasi penelitian ini di TK Astha Yoga Tamanbali dengan jumlah 47 orang anak. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan kognitif yang kemudian dilakukan analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan berdasarkan tahapan: (1) menyusun rencana kegiatan, (2) melaksanakan tindakan, (3) observasi, dan (4) analisis yang dilanjutkan dengan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut hasil observasi awal pembelajaran anak kurang aktif, mudah jenuh, dan perhatian anak pada penjelasan guru sangat kecil sehingga nilai rata-rata anak hanya sebesar 62,77. Setelah tindakan siklus I penguasaan materi pembelajaran meningkat menjadi rata-rata 74,21 dengan jumlah anak yang tuntas adalah 31 orang anak dan yang tidak tuntas 16 orang anak. Hasil tindakan pada siklus II penguasan materi setelah diberikan tes kemampuan kognitif dalam mewarnai gambar meningkat menjadi rata-rata 81,94 dengan jumlah anak yang tuntas adalah 47 orang anak dan tidak ada anak tidak tuntas. Persentase ketuntasan belajar pada siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan dan siklus dinyatakan tidak dilanjutkan, dengan kesimpulan bahwa pemanfaatan metode pemberian tugas telah mampu dengan baik untuk dijadikan alternatif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak. Kata Kunci: metode pemberian tugas, kemampuan kognitif dalam mewarnai

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 20 Apr 2020 01:21
Last Modified: 20 Apr 2020 01:21
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item View Item