MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn

Wini, Ni Nyoman (2019) MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn. Widyadari, 21 (26). pp. 1-7. ISSN 1907-3232

[img] Text
NI NYOMAN WINI.pdf

Download (425kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII A semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 1 Selemadeg, Tabanan melalui model pembelajaran Creative Problem Solving. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan dilakukan tes prestasi belajar yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Pada siklus awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan prestasi ketuntasan belajar mencapai 48%, siklus I meningkat menjadi 72%, siklus II meningkat menjadi 97%. Hal itu membuktikan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran telah mampu meningkatkan prestasi belajar PKn Siswa Kelas VIII A Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 1 Selemadeg, Tabanan, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKn yang dapat dilakukan guru. Kata Kunci: Model Creative Problem Solving, Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 20 Apr 2020 01:17
Last Modified: 20 Apr 2020 01:17
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item