Obi Setiti, Ni Nyoman (2019) MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN BERMAIN PERAN SAMBIL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IB SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017 SD NO 10 JIMBARAN. Widyadari, 21 (26). pp. 1-13. ISSN 1907-3232
Text
NI NYOMAN OBI SETITI.pdf Download (199kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD No 10 Jimbaran di Kelas I. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode bercerita dengan bermain peran sambil belajar dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia anak kelas I semester I Tahun 2016/2016 SD No 10 Jimbaran. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan metode bercerita dengan bermain peran sambil belajar dapat meningkatkan prestasi belajar anak kelas IB semester I Tahun pelajaran 2016/2017 SD No 10 Jimbaran. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 65,12 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 74,87 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 78,50.. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan metode bercerita dengan belajar sambil bermain dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I semester I Tahun pelajaran 2016/2017 SD No 10 Jimbaran. Kata Kunci : metode bercerita,bermain sambil belajar, prestasi belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 01:12 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 01:12 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/943 |
Actions (login required)
View Item |