MEMAKSIMALKAN PERMAINAN KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B SEMESTER I DI TK NEGERI PEMBINA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Darmini, Ni Nyoman (2019) MEMAKSIMALKAN PERMAINAN KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B SEMESTER I DI TK NEGERI PEMBINA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-13. ISSN 1907-3232

[img] Text
NI NYOMAN DARMINI.pdf

Download (275kB)

Abstract

Pelaksanaan pendidikan di TK Negeri Pembina Denpasar selama ini lebih menekankan pada hafalan konten yang kurang bermakna bagi dirinya semata, seyogyanya diarahkan pada pembelajaran yang berpusat pada anak (child centered), dengan menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan taraf perkembangan anak. Sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut, anak didik di TK Negeri Pembina Denpasar mulai diberikan pendidikan secara berencana dan sistematis, agar lebih bermakna dan berarti bagi mereka dengan strategi pembelajaran. Permainan merupakan alat bagi anak untuk menjelajahi dunianya, dari yang tidak ia kenali sampai pada yang ia ketahui dan dari yang tidak dapat di buatnya sampai mampu melakukannya ( Semiawan, 2002:20). Dalam penelitian tindakan kelas ini, diterapkan permainan kartu angka yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penigkatan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Negeri Pembina Denpasar. Subyek peneltian ini berjumlah 15 orang dan ternyata 6 orang anak mengalami kemampuan kognitif kurang, yang mengalami hambatan dalam hal mengenal simbol angka, menghitung, memperkirakan, mengurutkan secara rasial, mengkata gorikan, ketidakaktifan anak serta memotivasi belajar anak dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Metode yang digunakan untuk memantau pelaksanaan tindakan dan hasil yang dicapai dari tindakan tersebut adalah metode observasi. Peneltian tindakan kelas ini dilaksanakan hanya dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak dengan hasil rata-rata pada siklus I 13,5 % dan rata- rata pada siklus II 24,7 %. Persentase peningkatan siklus I sebesar 56% dan siklus II sebesar 82,2%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan permainan kartu angka secara teratur dan berkesinambungan, dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Negeri Pembina Denpasar Tahun pelajaran 2017/2018. Dari hasil penelitian ini diharapkan pada para guru/ pendidik agar mengadakan variasi metode pembelajaran untuk menghindarkan kejenuhan anak. Kata kunci: permainan kartu angka, kemampuan kognitif anak

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 20 Apr 2020 01:04
Last Modified: 20 Apr 2020 01:04
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/941

Actions (login required)

View Item View Item