PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIASISWA KELAS V B SEMESTER I DI SD PADANGSAMBIANDENPASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sulendri, Ni Nengah (0002) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIASISWA KELAS V B SEMESTER I DI SD PADANGSAMBIANDENPASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-11. ISSN 1907-3232

[img] Text
NI NENGAH SULENDRI.pdf

Download (215kB)

Abstract

Penggunaan model-model pembelajaran termasuk salah satunya adalah model pembelajaran Kuantum juga merupakan hal yang sangat penting dalam upaya memajukan suatu bidang tertentu. Model sangat berkaitan dengan teori. Model merupakan suatu analog konseptual yang digunakan untuk menyarankan bagaimana meneruskan penelitian empiris sebaiknya tentang suatu masalahPenelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 6 Padangsambian, Denpasar Kelas V B Semester I yang kemampuan siswanya untuk tingkat prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SD Negeri 6 Padangsambian, Denpasar di Kelas V B Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kunatum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V B semester I yang dibuktikan dari hasil yang sebelumnya diperoleh dengan rata-rata kelas 70,6 dan prosentase ketuntasan belajar adalah 45%, pada siklus I meningkat menjadi 73,25 dengan prosentase sebesar 77,2% dan pada siklus II meningkat kembali dengan rata-rata kelas 83,7 dengan prosentase sebesar 100%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan Model Pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V B semester I SD Negeri 6 Padangsambian, Denpasar. Kata kunci: Model Pembelajaran Kuantum, Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 20 Apr 2020 01:00
Last Modified: 20 Apr 2020 01:00
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item View Item