Ekonomi Astini, Ni Made (2019) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IX B SEMESTER I DI SMP NEGERI 1 SELEMADEG TIMUR TABANAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-9. ISSN 1907-3232
Text
NI MADE EKONOMI ASTINI.pdf Download (217kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Selemadeg Timur di Kelas IX B yang kemampuan prestasi belajar IPS siswanya cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IX B semester I tahun pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 1 Selemadeg Timur. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pemanfaatan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh dari data awal 64,85, pada Siklus I meningkat menjadi 74,25. Dari Siklus I ke Siklus II naik menjadi 84,75 dengan ketuntasan belajar awal 55% pada siklus I meningkat menjadi 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 95%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IX B semester I tahun pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 1 Selemadeg Timur. Kata kunci: model pembelajaran problem based learning, prestasi belajar IPS
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 00:56 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 00:56 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/938 |
Actions (login required)
View Item |