Berisilawati, Ni Made (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEMESTER I SD NO 6 DALUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Widyadari, 21 (26). pp. 1-14. ISSN 1907-3232
Text
NI MADE BERISILAWATI.pdf Download (246kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD No.6 Dalung di Kelas IV pada semester I tahun pelajaran 2016/2017 bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran IPA menggunakan model ekspository. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes prestasi belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai 54 dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 24%. Data ini jauh di bawah harapanmengingat KKM mata pelajaran IPA di sekolah ini adalah 65. Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya 61 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 57%. Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 80 dan persentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 95%. Data pada siklus II ini sudah sesuai harapan akibat penggunaan model pembelajaran yang sifatnya konstruktivis. Simpulan yang diperoleh adalah model ekspository dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV semester I SD No. 6 Dalung Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci : Model Pembelajaran Ekspository, Prestasi Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 00:51 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 00:51 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/936 |
Actions (login required)
View Item |