Adi Puspadi, Ni Made (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NO 2 CANGGU BADUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Widyadari, 21 (26). pp. 1-18. ISSN 1907-3232
Text
NI MADE ADI PUSPADI.pdf Download (592kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan dilaksanakan di SD No 2 Canggu di Kelas V pada semester I tahun ajaran 2016 / 2017 bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Ekspository. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes prestasi belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai 59,00 Dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 32,00%. Data ini jauh di bawah harapan KKM mata pelajaran IPS di sekolah ini adalah 65,00. Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 61,80 dan presentase ketuntasan belajar mencapai 40,00%. Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 71,80 dan persentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 92,00%. Data pada siklus II ini sudah sesuai harapan akibat penerapan model pembelajaran yang sifatnya konstruktivis. Simpulan yang diperoleh adalah penerapan model pembelajaran ekspository dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V semester I Tahun pelajaran 2016/2017 SD No 2 Canggu. Kata kunci: model pembelajaran ekspository, prestasi belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 00:48 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 00:48 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/935 |
Actions (login required)
View Item |