Sri Gunawati, Ni Luh Putu (2019) OPTIMALISASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI 7 PEMECUTAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Widyadari, 21 (26). pp. 1-11. ISSN 1907-3232
Text
NI LUH PUTU SRI GUNAWATI.pdf Download (454kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ditujukan untuk membenahi kelemahan-kelemahan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini mengambil subjek pada siswa kelas V SD Negeri 7 Pemecutan pada semester I tahun pelajaran 2016/2017. Data hasil penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes, dan untuk menganalisa data yang dihasilkan digunakan analisis deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan penelitian ini terlihat jelas adanya peningkatan dari data awal yang ada rata-rata kelasnya baru mencapai 56,90, pada siklus I meningkat menjadi 58,90 dan pada siklus II meningkat menjadi 71,00. Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas V semester I Tahun pelajaran 2016/2017 SD Negeri 7 Pemecutan sehingga penelitian ini tidak diteruskan ke siklus berikutnya. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw,Prestasi Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 00:42 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 00:42 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/933 |
Actions (login required)
View Item |