PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJARAGAMA HINDU ANAK KELAS III B SEMESTER I SD NEGERI 6 KESIMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sukriani, Ni Ketut (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJARAGAMA HINDU ANAK KELAS III B SEMESTER I SD NEGERI 6 KESIMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Widyadari, 21 (26). pp. 1-10. ISSN 1907-3232

[img] Text
NI KETUT SUKRIANI.pdf

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 6 Kesiman di Kelas IIIB yang kemampuan siswanya dalam pembelajaran Agama Hindu masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Penggunaan model pembelajaran kooperatif model jigsaw melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas IIIB semester I Tahun pelajaran 2016/2017 SD Negeri 6 Kesiman? Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif model jigsaw melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu . Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 56,00 pada siklus I menjadi 59,00 dan pada siklus II menjadi 62,20. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif model jigsaw melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan prestasi Agama Hindu siswa kelas IIIB semester I Tahun pelajaran 2016/2017 SD Negeri 6 Kesiman . Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tife jigsaw, bimbingan kelompok, prestasi belajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 20 Apr 2020 00:24
Last Modified: 20 Apr 2020 00:24
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/929

Actions (login required)

View Item View Item