Karni, Ni Ketut (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (T A I) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTAS BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII F SEMESTER I SMP NEGERI 1 TAMPAKSIRING TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-10. ISSN 1907-3232
Text
NI KETUT KARNI.pdf Download (404kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tampaksiring di Kelas VIII F yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Matematika masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I). Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I). Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 67,65 pada siklus I meningkat menjadi 71,87 dan pada Siklus II meningkat menjadi 79,68. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I). Kata kunci: model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I), prestasi belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 00:19 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 00:19 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/927 |
Actions (login required)
View Item |