Karmi, Ni Ketut (2019) MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII D SEMESTER I DI SMP NEGERI 1 SELEMADEG TABANAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-11. ISSN 1907-3232
Text
NI KETUT KARMI.pdf Download (187kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Selemadeg Tabanan Kelas VII D Semester I yang kemampuan siswanya untuk tingkat prestasi belajar IPS siswa masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Selemadeg, Tabanan di Kelas VII D Semester I Tahun Ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar IPS siswa. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII D semester I yang dibuktikan dari hasil yang sebelumnya diperoleh dengan rata-rata kelas 64,4 dan prosentase ketuntasan belajar adalah 37,5%, pada siklus I meningkat menjadi 65,8 dengan prosentase sebesar 65% dan pada siklus II meningkat kembali dengan rata-rata kelas 75,5 dengan prosentase sebesar 100%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan Model Pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPS siswa kelas VII D semester I SMP Negeri 1 Selemadeg, Tabanan. Kata kunci: Model Pembelajaran Kuantum, Prestasi Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 00:17 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 00:17 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/926 |
Actions (login required)
View Item |