MENINGKATKAN PEMAHAMAN POTENSI DIRI SISWA MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN INDIVIDU

Indrayani, Ni Ketut (0002) MENINGKATKAN PEMAHAMAN POTENSI DIRI SISWA MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN INDIVIDU. Widyadari, 21 (26). pp. 1-11. ISSN 1907-3232

[img] Text
NI KETUT INDRAYANI.pdf

Download (384kB)

Abstract

Pengupayaan bimbingan individu perlu kepada siswa Kelas IX B semester ganjil SMP Negeri 1 Selemadeg Barat Tabanan. Bimbingan diberikan untuk meningkatkan pemahaman potensi diri siswa. Bimbingan dilakukan karena temuan peneliti mengenai rendahnya pemahaman potensi diri siswa. Apabila nilai 75 adalah angka minimum untuk kategori cukup baik, maka terdapat 21 dari total 32 siswa yang datanya menunjukan pemahaman potensi diri yang rendah. Peneliti selaku guru BK di SMP Negeri 1 Selemadeg Barat Tabanan berinisiatif untuk melakukan penelitian guna menanggulangi masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes kuisioner. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Sesuai hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan individu dapat diupayakan untuk meningkatkan pemahaman potensi diri siswa kelas IX B Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 1 Selemadeg Barat Tabanan. Hal ini tercermin dari nilai rata-rata pemahaman potensi diri pada data awal sebesar 68,97 (D), kemudian naik pada siklus I menjadi 74,88 (C), selanjutnya pada siklus II nilainya menjadi 83,63 (B). Ketuntasan belajar pemahaman potensi diri siswa juga mengalami peningkatan, Pada siklus awal persentase ketuntasan siswa hanya mencapai 34,38% , kemudian naik pada siklus I menjadi 46,88%, selanjutnya pada siklus II nilainya menjadi 93,75%. Kata kunci: bimbingan individu, pemahaman potensi diri

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 20 Apr 2020 00:11
Last Modified: 20 Apr 2020 00:11
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item