Harwati, Ni Ketut (2019) UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI 20 DANGIN PURI DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-10. ISSN 1907-3232
Text
NI KETUT HARWATI.pdf Download (255kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ditujukan untuk membenahi kelemahan-kelemahan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitiuan ini mengambil subjek pada siswa kelas V SD Negeri 20 Dangin Puri pada semester I tahun ajaran 2017/2018. Data hasil penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes, dan untuk menganalisa data yang dihasilkan digunakan analisis deskriptif. Data yang peroleh dari hasil pelaksanaan penelitian ini terlihat jelas adanya peningkatan dari data awal yang ada rata-rata kelasnya baru mencapai 56,9, pada siklus I meningkat menjadi 58,9 dan pada siklus II meningkat menjadi 71,0. Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe jigsaw dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas V semester I Tahun pelajaran 2017/2018 SD Negeri 20 Dangin Puri sehingga penelitian ini tidak diteruskan ke siklus berikutnya. Kata kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 00:08 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 00:08 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/923 |
Actions (login required)
View Item |