Anggreni, Made (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS VI SEMESTER IISD NEGERI 29 PEMECUTAN TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Widyadari, 21 (26). pp. 1-16. ISSN 1907-3232
Text
MADE ANGGRENI.pdf Download (262kB) |
Abstract
Apakah Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelas VI di SD Negeri 29 Pemecutan pada semester II tahun ajaran 2016 / 2017 adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode demontrasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPS peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 25 subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi / pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 56,20 meningkat menjadi 58,80 pada siklus I dan meningkat menjadi 71,40 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 36,00% pada siklus I menjadi 68,00 % dan pada siklus II meningkat menjadi 92,00%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan metode ceramah interaktif dan demontrasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI Tahun pelajaran 2016/2017 SD Negeri 29 Pemecutan . Kata kunci: metode demonstrasi, prestasi belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 00:03 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 00:03 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/921 |
Actions (login required)
View Item |