MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS IV SEMESTER I SD NEGERI 1 LALANGLINGGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sutariyasa, I Wayan (2019) MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS IV SEMESTER I SD NEGERI 1 LALANGLINGGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232

[img] Text
I WAYAN SUTARIYASA.pdf

Download (260kB)

Abstract

Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti tidak akan rendah. Namun kenyataannya, perolehan data awal sebagai hasil observasi yang dilakukan ditemukan kenyataan bahwa prestasi belajar siswa kelas IV di semester I tahun Pelajaran 2017/2018 baru mencapai nilai 71,22. Hasil tersebut masih sangat jauh dari ketetapan standar minimal pencapaian mutu pendidikan dengan KKM 75 yang ditetapkan di SD Negeri 1 Lalanglinggah. Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas IV Semester I SD Negeri 1 Lalanglinggah Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah diimplementasikan model pembelajaran Kuantum dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 27 subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 71,22 meningkat menjadi 76,74 pada siklus I dan meningkat menjadi 81,63 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 41 % pada siklus I meningkat menjadi 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 93%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah bahwa implementasi model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Lalanglinggah Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Pembelajaran Kuantum, Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 19 Apr 2020 17:56
Last Modified: 19 Apr 2020 17:56
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item