IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS

Suandi, I Wayan (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS. Widyadari, 21 (26). pp. 1-13. ISSN 1907-3232

[img] Text
I WAYAN SUANDI.pdf

Download (245kB)

Abstract

Data yang masih rendah pada siswa Kelas VIII B di SMP Negeri 1 Selemadeg Barat Tabanan menuntun peneliti untuk melakukan penelitian tindakan, mengingat penelitian dilakukan di kelas maka penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas. Hasil tes awal Semester I yang diberikan kepada siswa Kelas VIII B di SMP Negeri 1 Selemadeg Barat Tabanan pada mata pelajaran Bahasa Inggris ternyata masih belum mencapai standar minimal seperti yang ditetapkan. Pencapaian nilai rata-rata siswa baru mencapai 68,17. Dari 30 siswa di kelas hanya 8 siswa yang tuntas atau 26,67% tergolong berhasil mencapai ketuntasan belajar sesuai yang diharapkan sementara 22 siswa lainnya tergolong tidak tuntas karena prestasi belajarnya masih berada di bawah KKM yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris di kelas VIII B Semester I SMP Negeri 1 Selemadeg Barat Tabanan tahun pelajaran 2017/2018 setelah menggunakan model pembelajaran Mastery Learning dalam pembelajaran. Dalam pelaksanaannya di lapangan, peneliti memberikan tahapan berupa siklus yang masing-masing tediri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi/pengumpulan data diakhiri dengan tahap refleksi yang termasuk melakukan analisis terhadap data yang sudah diperoleh. Setelah data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh peningkatan hasil yang sesuai harapan tujuan penelitian ini. Data tersebut adalah peningkatan yang terjadi dari awal dimana siswa baru mampu mencapai nilai rata-rata 68,17 dengan persentase ketuntasan belajar 26,67% Kelas VIII B dan pada siklus I telah meningkat ketuntasan belajar menjadi 60,00% dengan rata-rata nilai 74,83 dan pada siklus II sudah meningkat sesuai harapan yaitu ketuntasan mereka sudah mencapai 96,67% dengan rata-rata 79,20 Sedangkan indikator keberhasilan penelitian adalah membuat agar persentase ketuntasan belajar siswa mencapai minimal 80% dengan rata-rata minimal KKM sebesar 75 Sedangkan data yang diperoleh sudah melebihi indikator tersebut. Oleh karenanya peneliti berkesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Mastery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas VIII B Semester I SMP Negeri 1 Selemadeg Barat Tabanan. Kata kunci: model pembelajaran mastery learning, prestasi belajar bahasa inggris

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 19 Apr 2020 17:38
Last Modified: 19 Apr 2020 17:38
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/917

Actions (login required)

View Item View Item