Sarja, I Wayan (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI A SEMESTER I SD NO 10 JIMBARAN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Widyadari, 21 (26). pp. 1-16. ISSN 1907-3232
Text
I WAYAN SARJA.pdf Download (210kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan dilaksanakan di 10 Jimbaran di Kelas VIA pada semester I tahun ajaran 2016 / 2017 bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Ekspository. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemerian tes prestasi belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai 71,54 Dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 54,76%. Data ini jauh di bawah harapan KKM mata pelajaran IPS di sekolah ini adalah 75. Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 73,09 dan presentase ketuntasan belajar mencapai 73,80%. Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 76,83 dan persentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 92,85%. Data pada siklus II ini sudah sesuai harapan akibat penggunaan model pembelajaran yang sifatnya konstruktivis. Simpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran ekspository dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VIA semester I Tahun pelajaran 2016/2017SD Negeri 10 Jimbaran. Kata kunci: model pembelajaran ekspository, prestasi belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 19 Apr 2020 17:32 |
Last Modified: | 19 Apr 2020 17:32 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/916 |
Actions (login required)
View Item |