Watera, I Nyoman (2019) METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII B SEMESTER I DI SMP NEGERI 3 SELEMADEG TIMUR, TABANAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232
Text
I NYOMAN WATERA.pdf Download (174kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar IPA siswa. Dalam hal ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur pada siswa kelas VIII B semester I tahun pelajaran 2017/2018 yang prestasi belajar IPA masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh dari rata-rata awal 66,33, pada siklus I 73,21 dan meningkat menjadi 84,96 pada siklus II dengan ketuntasan belajar pada awalnya 54% setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 79% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII B semester I tahun pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur. Kata kunci: metode diskusi kelompok kecil, prestasi belajar IPA
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 19 Apr 2020 17:27 |
Last Modified: | 19 Apr 2020 17:27 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/915 |
Actions (login required)
View Item |