MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PJOK

Sunarya, I Nyoman (2019) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PJOK. Widyadari, 21 (26). pp. 1-7. ISSN 1907-3232

[img] Text
I NYOMAN SUYARTA.pdf

Download (212kB)

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui terjadinya peningkatan prestasi belajar melalui metode tutor sebaya. Penelitian dilakukan untuk menjawab permasalahan rendahnya prestasi belajar yang sedang dialami siswa. Penelitian ini dilakukan melalui proses pengkajian berdaur (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Pengambilan data dilakukan menggunakan tes prestasi belajar yang dianalisis secara deskriptif. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari data awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan prestasi ketuntasan belajar mencapai 53% dengan rata-rata 60,56, siklus I meningkat menjadi 69% dengan rata-rata 67,25, siklus II meningkat menjadi 100% dengan rata-rata 79,34. Hal itu membuktikan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif tipe Tutor Sebaya yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran telah mampu meningkatkan prestasi belajar PJOK. Sehingga disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PJOK Siswa Kelas VIII A Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 1 Selemadeg siswa dengan baik, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci : Tutor Sebaya, Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 19 Apr 2020 17:21
Last Modified: 19 Apr 2020 17:21
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item