Parwata, I Nyoman (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII B SEMESTER I DI SMP NEGERI 1 SELEMADEG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-10. ISSN 1907-3232
Text
I NYOMAN PARWATA.pdf Download (190kB) |
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelas VII B pada semester I tahun pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 1 Selemadeg Timur adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 23 subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 63,35, pada siklus I 69,78 dan meningkat menjadi 85,22 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 57% pada siklus I meningkat menjadi 74% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan model pembelajaran inquiry dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa siswa kelas VII B pada semester I tahun pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 1 Selemadeg Timur. Kata kunci: model pembelajaran inquiry, prestasi belajar Bahasa Indonesia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 19 Apr 2020 16:56 |
Last Modified: | 19 Apr 2020 16:56 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/910 |
Actions (login required)
View Item |