MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS IV SEMESTER I SD NEGERI 3 LALANGLINGGAH SELEMADEG BARAT TABANAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sujana, I Made (2019) MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS IV SEMESTER I SD NEGERI 3 LALANGLINGGAH SELEMADEG BARAT TABANAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-12. ISSN 1907-3232

[img] Text
I MADE SUJANA.pdf

Download (181kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas guru dalam menggunakan salah satu model pembelajaran dalam hal ini adalah model pembelajaran inquiry. Selain mengembangkan kreatifitas guru penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas IV Semester I di SD Negeri 3 Lalanglinggah Selemadeg Barat, Tabanan yang kemampuan siswanya untuk tingkat prestasi belajar Agama Hindu dan Budi Pekerti masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan prestasi hasil belajar Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa SD Negeri 3 Lalanglinggah Selemadeg Barat, Tabanan di Kelas IV Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas IV semester I yang dibuktikan dari hasil yang sebelumnya diperoleh dengan rata-rata kelas 74,7 dan prosentase ketuntasan belajar adalah 31,5%, pada siklus I meningkat menjadi 83,2 dengan prosentase sebesar 68% dan pada siklus II meningkat kembali dengan rata-rata kelas 93,4 dengan prosentase sebesar 100%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan Model Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas IV semester I SD Negeri 3 Lalanglinggah Selemadeg Barat, Tabanan. Kata kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 19 Apr 2020 16:51
Last Modified: 19 Apr 2020 16:51
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/909

Actions (login required)

View Item View Item