Suardi, I Made (2019) MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII A SEMESTER II SMP NEGERI 1 TAMPAKSIRING TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-15. ISSN 1907-3232
Text
I MADE SUARDI.pdf Download (223kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tampaksiring di kelas VIII A yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran PKn masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tampaksiring pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media audio visual. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya hanya mencapai rata-rata 67,65 dan ketuntasan belajar 40,62%, pada siklus I meningkat menjadi 74,53 dengan ketuntasan belajar 65,62% dan pada Siklus II meningkat menjadi 81,56 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tampaksiring pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Media Audio Visual, Hasil Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 19 Apr 2020 14:24 |
Last Modified: | 19 Apr 2020 14:24 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/906 |
Actions (login required)
View Item |