Sujarta, I Ketut (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232
Text
I KETUT SUJARTA.pdf Download (415kB) |
Abstract
Penyampaian Pembelajaran pada anak-anak Kelas VIII A SMP Negeri 3 Selemadeg Timur Tabanan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang baru mencapai nilai rata-rata 63,33 dan masih dibawah KKM yang dituntut yaitu 67. Hal ini membuat peneliti giat melakukan perbaikan. Sebagian besar siswa belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share pada mata pelajaran Bahasa Indonesia telah membuat prestasi siswa menjadi meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prestasi belajar dari nilai rata-rata pada data awal sebesar 63,33 pada siklus I rata-rata nilai meningkat menjadi 66,88, pada siklus II prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi 79,17. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 33,33% pada data awal menjadi 54,17% pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 95,83%. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (tps), prestasi belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 19 Apr 2020 14:15 |
Last Modified: | 19 Apr 2020 14:15 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/904 |
Actions (login required)
View Item |