Suaja, I Ketut (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VII A SEMESTER I SMP NEGERI 1 SELEMADEG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232
Text
I KETUT SUAJA.pdf Download (718kB) |
Abstract
Pelaksanaan penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 1 Selemadeg Timur yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam proses pembelajaran. Permasalahan awal yang terjadi adalah belum maksimalnya proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar PKn siswa. Setelah data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes prestasi belajar siswa dari nilai rata-rata awal 67,36 naik menjadi 74,45pada siklus I dan naik menjadi 81,55 pada siklus II. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan perolehan data tersebut dapat dipastikan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Kata kunci: model contextual teaching and learning, prestasi belajar PKn
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 19 Apr 2020 14:09 |
Last Modified: | 19 Apr 2020 14:20 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/902 |
Actions (login required)
View Item |