PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SEMESTER I SD NEGERI 1 SUMERTA TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

Putu Gede Swastini, Gusti Ayu (2019) PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SEMESTER I SD NEGERI 1 SUMERTA TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Widyadari, 21 (26). pp. 1-16. ISSN 1907-3232

[img] Text
GUSTI AYU PUTU GEDE SWASTINI.pdf

Download (215kB)

Abstract

Rendahnya prestasi belajar kelas VI SD Negeri 1 Sumerta yang baru mencapai rata-rata 60,00 dengan ketuntasan belajar 27,27% membuat peneliti berpikir banyak. Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan selama proses pembelajaran yang telah dilakukan akhirnya dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini peneliti mengganti model yang telah dilakukan bertahun-tahun dengan model baru yang bersifat kontruktivis. Setelah giat melakukan pembelajaran dan giat mengumpulkan data menggunakan tes serta melakukan analisis menggunakan analisis deskriptif, diperoleh peningkatan hasil sesuai harapan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari keberhasilan siswa mencapapai nilai rata-rata kelas 69,24 dengan ketuntasan belajar 75,75% pada siklus I dan pada siklus II telah diperoleh peningkatan menjadi rata-rata 75,57 dengan ketuntasan belajar 90,90%. Semua data yang telah diperoleh menunjukkan keberhasilan perbaikan proses pembelajaran yang sebelumnya terus menerus dilakukan secara konvensional. Data tersebut menuntun peneliti ke sebuah kesimpulan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok kecil mampu meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VI semester I Tahun pelajaran 2016/2017 SD Negeri 1 Sumerta. Kata kunci: diskusi kelompok kecil , prestasi belajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 19 Apr 2020 13:55
Last Modified: 19 Apr 2020 13:55
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item View Item