PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VII A SEMESTER I SMP NEGERI 1 SELEMADEG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Suaja, I Ketut (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VII A SEMESTER I SMP NEGERI 1 SELEMADEG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari. pp. 1-8. ISSN 1907-3232

[img] Text
I KETUT SUAJA.pdf

Download (718kB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 1 Selemadeg Timur yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam proses pembelajaran. Permasalahan awal yang terjadi adalah belum maksimalnya proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar PKn siswa. Setelah data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes prestasi belajar siswa dari nilai rata-rata awal 67,36 naik menjadi 74,45pada siklus I dan naik menjadi 81,55 pada siklus II. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan perolehan data tersebut dapat dipastikan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Kata kunci: model contextual teaching and learning, prestasi belajar PKn

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 19 Apr 2020 13:22
Last Modified: 19 Apr 2020 13:22
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item