PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 LALANGLINGGAH SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Pasti, Ni Nengah (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 LALANGLINGGAH SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
NI NENGAH PASTI.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Lalanglinggah di Kelas IV yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran PKn masih rendah. Terbukti dari hasil pengamatan awal prestasi belajar PKn siswa baru mencapai rata-rata 40,00. Nilai rata-rata ini masih sangat rendah bila dibandingkan dengan nilai KKM mata pelajaran PKN. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi peningkatan prestasi belajar siswa akan terjadi setelah penerapan model pembelajaran kuantum dalam pembelajaran PKn siswa kelas IV Semester I SD Negeri 2 Lalanglinggah tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 40,00 pada siklus I menjadi 73,75 dan pada siklus II menjadi 82,92. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini dengan penggunaan model pembelajaran Kuantum dapat meningkatakan prestasi belajar PKn siswa kelas IV Semester I SD Negeri 2 Lalanglinggah tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Pembelajaran Kuantum, Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:09
Last Modified: 13 Mar 2020 06:09
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item