PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII A SEMESTER I SMP NEGERI 1 SELEMADEG BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sri Wahyuni, Ni Ketut (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII A SEMESTER I SMP NEGERI 1 SELEMADEG BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
NI KETUT SRI WAHYUNI.pdf

Download (755kB) | Preview

Abstract

Terpacu oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Selemadeg Barat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang baru mencapai rata-rata 57,66 dan masih dibawah KKM yang dituntut, membuat peneliti giat melakukan perbaikan. Sebagian besar siswa belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Sare (TPS) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia telah membuat prestasi siswa menjadi meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan melihat adanya peningkatan prestasi belajar dari data awal nilai rata-rata sebesar 57,66 pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 67,22 Pada siklus II prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi 78,28 dari siklus I. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 31% pada data awal menjadi 75% pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 100%. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Sare (TPS) dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Sare (TPS), prestasi belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:07
Last Modified: 13 Mar 2020 06:07
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item