PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEMESTER I SD NEGERI 1 LALANGLINGGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rusmini, Mas Ayu (2019) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEMESTER I SD NEGERI 1 LALANGLINGGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
MAS AYU RUSMINI.pdf

Download (772kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi awal secara keseluruhan peserta didik menganggap bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit karena harus perlu menghapal rumus-rumus untuk menjawab soal. Sehingga beberapa siswa di Kelas IV semester I SD Negeri 1 Lalanglinggah mengalami permasalahan pada nilai belajar matematika. Melihat data yang diperoleh rendahnya prestasi belajar matematika siswa Kelas IV semester I SD Negeri 1 Lalanglinggah yang baru mencapai rata-rata 59,62 dengan prosentase ketuntasan belajar baru mencapai 46% dengan ini menunjukkan bahwa peserta didik yang diteliti kemampuannya masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa Kelas IV semester I SD Negeri 1 Lalanglinggah tahun pelajaran 2018/2019 setelah penerapan model Contextual Teaching And Learning dalam proses pembelajaran. Setelah data dikumpulkan menggunakan alat berupa tes prestasi belajar siswa dari rata-rata awal 59,62 naik menjadi 65,96 pada siklus I dan naik menjadi 77,38 pada siklus II. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Teknik analisis data dalam penelitian tindakan dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu analisis data kuantitatif deskriptif. Dengan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching And Learning ini dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa Kelas IV SD Negeri 1 Lalanglinggah Tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Model Contextual Teaching And Learning (CTL), Prestasi Belajar Matematika

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:05
Last Modified: 13 Mar 2020 06:05
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item View Item