PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEMESTER I SD NEGERI 6 DAUH PURI TAHUN PELAJARAN 2019/2020.

Arka, I Made (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEMESTER I SD NEGERI 6 DAUH PURI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Widyadari, 21 (26). pp. 1-10. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
I MADE ARKA.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Mutu pengajaran atau yang biasa disebut prestasi belajar sangat tergantung pada pemilihan strategi yang tepat dan efektif dalam upaya mengembangkan kreativitas, kemampuan, dan sikap inovatif peserta didik. Perlu dibina dan dikembangkan pengelolaan program pengajaran dengan metode dan strategi pembelajaran yang kaya dengan variasi agar mencapai predikat sebagai guru professional Tujuan tersebut lebih jelas lagi dan lebih terfokus lagi adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengambil objek pada Kelas VI di SD Negeri 6 Dauh Puri yang belajar pada semester I tahun Tahun pelajaran 2019/2020. Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh lewat pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang konvensional dirubah menggunakan model CTL. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 64,85 dengan ketuntasan belajar 51,52 % pada siklus I naik menjadi 71,21 dengan ketuntasan belajar 75,76%. Dan siklus II rata-rata 76,36 dengan ketuntasan 90,91%. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa penerapan model CTL dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa Kelas VI di SD Negeri 6 Dauh Puri. Kata kunci: CTL, Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:03
Last Modified: 13 Mar 2020 06:03
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item