MELALUI PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 4 BATUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Samah, I Ketut (2019) MELALUI PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 4 BATUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-10. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
I KETUT SAMAH, S.Ag.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD N 4 Batuan di kelas kelas V yang kemampuan siswanya untuk kompetensi mata pelajaran Agama Hindu cukup rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar agama hindu melalui pelaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning siswa kelas V semester II SD Negeri 4 Batuan tahun pelajaran 2018/2019.Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian Penggunaan metode bercerita dan pemberian tugas dalam pembelajaran Agama Hindu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada yang awalnya 69,16 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 74,79 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 79,79.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pelaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam pembelajaran Agama Hindu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas kelas V di SD N 4 Batuan. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Contextual Teaching And Learning, Agama Hindu

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 13 Mar 2020 05:57
Last Modified: 13 Mar 2020 05:57
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item View Item